Jumat, 04 September 2020

Si DaRing, Revolusi Pendidikan Jarak Jauh

    
Ditengah pandemi covid-19, berbagai sektor mengalami perubahan secara mendadak dan signifikan. Tidak terkecuali sektor pendidikan yang juga mengalami hal yang sama dimana setiap guru dan siswa tidak dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan tatap muka seperti biasanya. Akhirnya pembelajaran hanya dapat dilakukan dengan metode dalam jaringan (daring) untuk semua level pendidikan. Padahal tidak semua guru dan siswa siap dalam pelaksanaan pembelajaran yang memaksa kita untuk menggunakan media teknologi sehingga banyak keluhan yang dirasakan baik siswa sebagai peserta didik maupun guru sebagai tenaga pendidik.

Selain karena faktor ketersediaan sarana dan prasarana yang belum sepenuhnya tersedia seperti smartphone dan jaringan internet, juga masih belum siapnya SDM dalam pemanfaatan media teknologi tadi sehingga proses belajar dirasa tidak efektif bahkan cenderung membosankan.

Sebagai praktisi pendidikan, kami merasa hal ini menjadi suatu permasalahan yang pasti dirasakan oleh berbagai insan pendidikan, walaupun kita menyadari bahwa pendidikan tidak akan bisa terpisahkan dengan teknologi dan internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar