Minggu, 19 Mei 2019

CONTOH TEKS PIDATO DALAM ACARA PERPISAHAN SISWA KELAS IX

Kegiatan akhir tahun disekolah, biasanya diisi dengan acara perpisahan dan Kelulusan kelas IX yang menjadi moment yang tak terlupakan bagi siswa yang akan meninggalkan lingkungan sekolah yang selama 3 tahun menjadi tempat belajarnya. Selain menjadi acara yang mengharukan, acara ini juga biasanya adalah acara yang dihadiri oleh orang tua, para pimpinan sekolah sampai tamu undangan, maka tak heran acara ini pun dibuat semaksimal mungkin.

Dalam susunan acaranya biasanya diisi dengan pembukaan oleh para siswa-siswi yang melantunkan ayat suci Al-Quran dan saritilawah yang membawa acara ini menjadi lebih khidmat, serta diisi juga dengan sambutan-sambutan baik itu dari kepala sekolah, ketua panitia, ketua yayasan, orang tua sampai para wisudawan kelas IX. Moment mengharukan biasanya ketika salah satu wisudawan kelas IX menyampaikan sambutan, tak jarang para orang tua dan guru ikut terharu. Begitupula adik-adik kelasnya kelas VII & VIII yang ikut mengikuti acara. Tentunya akan terkenang masa-masa yang sudah dilalui di sekolah yang sama. Diikuti juga biasanya oleh perwakilan kelas VII dan VIII yang biasanya diwakili oleh ketua OSIS untuk menyampaikan sambutan. Berikut ini adalah contoh teks sambutan ketua OSIS yang dapat dsampaikan  dalam acara tersebut :




Assalammualaikum. Wr.Wb,

Alhamdulillahirobbil alamin, wabihinastainualaumuriduniawaddin, washolatuwasalammualaasrofil ambiyai walmursalin, waalaalihi wasohbihi azmain amma ba’du

Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena atas izinnya kita dapat berkumpul diacara tasyakur bini’mah siswa kelas IX dalam prosesi wisuda SMP ITUS jalaksana ini yang insya Allah dilancarkan dan diridhoi oleh Allah SWT.

Sholawat beserta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada nabiyina, warosulina, sayidina Muhammad SAW, juga kepada ahlul baitnya, sahabatnya, dan kita selaku umatnya yang mendambakan syafaatnya.



Yang terhormat Bapak Ketua Yayasan Umar Sjarifuddin Bapak H. Dudy Pamuji, S.E, M.Si.

Yang kami hormati Bapak wakil Ketua Yayasan Umar Sjarifuddin, bapak H. Didit Pamungkas, SE,M.M

Yang kami hormati Bapak Direktur Yayasan Umar Sjarifuddin, Bapak H. Hari Gumilang,SE

Yang kami hormati Bapak Kepala Sekolah SMP ITUS, Bapak Nono Sodikin,S.Pd

Yang kami hormati manager yayasan umar Sjarifudin, Bapak Kepala SMA, Bapak Kepala Asrama serta segenap dewan guru dan orang tua serta tamu undangan yang kami hormati dan semoga dimuliakan Allah.

Dan tak lupa yang saya cintai dan banggakan, Kakak Kelas 9 beserta para orang tua yang tak dapat saya sebutkan satu-persatu namun takan mengurangi keta’diman saya kepada beliau-beliau.

Berdirinya saya disini selaku ketua panitia sekaligus mewakili siswa-siswi kelas 7 dan 8, yang pertama kami mengucapkan selamat atas keberhasilannya belajar di SMP ITUS selama kurang lebih 3 tahun. sebagai ketua panitia, saya akan melaporkan bahwa kegiatan ini alhamdulillah diikuti oleh 47 orang wisudawan-wisudawati dari kelas 9 serta dihadiri oleh 17 undangan dan 94 orang tua siswa kelas 9. Serta dimeriahkan oleh para siswa kelas 7 dan 8 yang tergabung dalam kepanitiaan serta kreasi siswa yang semuanya berasal dari siswa SMP ITUS.

Acara ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan diakhir tahun ajaran, khusus untuk kakak-kakak kami yang akan meninggalkan kampus SMP ITUS sehingga hubungan tali silaturahim tetap terjalin dan tidak akan pernah terputus.

Panitia perpisahan ini diselenggarakan atas kerjasama OSIS dan MPK SMP itus dengan dibina oleh Bapak Ibu Guru SMP ITUS dan dibantu dari karyawan Yayasan ITUS sehingga alhamdulillah acara yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari ini dapat terselenggarakan pada hari ini.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua panitia atas kerjasama nya semoga menjadi pengalaman untuk kegiatan kedepan, dah khusus untuk kakak kelas 9 yang akan meninggalkan kampus SMP ITUS, kami berharap perpisahan ini bukan untuk memutuskan tali silaturahmi antara kita, semoga kita terus dapat menjalin silaturahmi. Kami doakan semoga kakak-kakak dapat sukses dalam meraih cita-citanya, dan terus mengembangkan diri menjadi pribadi dan teladan yang lebih baik lagi. Kami pun berharap kakak terus mendoakan agar kami dapat menjadi siswa-siswi seperti yang diharapkan orang tua.

Akhirnya, kami mengucapkan selamat dan sukses untuk kakak semua semoga Allah SWT terus melindungi dan membimbing kita semua, Aamiin ya Robal Alamin.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Terimakasih atas perhatian hardirin semua, mohon maaf atas kekurangannya, akhirul kata
Wassalammualaikum Wr.Wb.