Selasa, 24 Maret 2020

10 Kawah Akibat Benturan Batu Meteor

Dilangit banyak sekali batu yang melayang. Sesekali ada yang terjatuh karena tertarik gaya gravitasi planet. Termasuk planet kita Bumi. Sejak zaman purba, bumi kita sering dihujani oleh meteor. Meteor adalah batu langit yang terjatuh ke bumi melewati atmosfer bumi sehingga memancarkan api ketika bergesekan dengan atmosfer bumi. Biasanya batu langit tersebut habis terkikis saat melewati atmosfer planet kita. Namun tak sedikit juga batu langit yang berhasil sampai ke atas permukaan bumi alias tanah. Batu ini dinamakan batu meteorit.
Batu meteorit biasanya memberikan bekas hantaman yang dalam, bahkan raksasa. Berikit ini saya akan merangkum beberapa kawah bekas tumbukan dengan batu meteorit.

1. Kawah Vredefort
Kawah ini yang terletak di Free State, Afrika Selatan merupakan kawah meteor terbesar di Bumi. Diameter kawah ini bahkan mencapai lebih dari 300 kilometer. Luar biasa bukan? Kawah ini sendiri telah berusia sangat tua, diperkirakan kawah ini udah ada sejak empat juta tahun yang lalu. Pada tahun 2005 lalu, kawah ini diresmikan masuk ke dalam Situs Warisan Dunia milik UNESCO. Wow!

2Kawah Sudbury
Kawah Sudbury Basin ini terletak di daerah Kanada Shield, Greater Sudburry, Ontario. Kawah bekas tumbukan meteor ini terbentuk dari dampak superbenua Nuna. Diameternya sendiri cukup besar yang mencapai luas 130 Kilometer. Kawah ini diperkirakan telah terbentuk dari meteor yang jatuh pada 1.849 juta tahun yang lalu, di era Paleoproterozoikum tentunya.   

  3. Kawah Acraman
Berikutnya adalah kawah terbesar ketiga berada di negara Australia, tepatnya di Australia Selatan benua Asutralia. Kawah ini diperkirakan terbentuk dari sebuah meteorid yang jatuh pada 580 juta tahun yang lalu. Panjang diameternya mencapai 90 Kilometer dan saat ini banyak disebut dengan Danau Acraman.

4    4. Kawah Woodleigh
Kawah ini adalah salah satu kawah meteor terbesar di Australia. Tempatnya berada di Woodleigh Station, Shark Bay, Australia Barat. Hasil penelitian dari Geologi Australia Barat dan Australian National University, meteor ini diprediksikan terbentuk karena sebuah meteor jatuh 364 tahun yang lalu. Diameternya pun mencakup 120 kilometer.

5    5. Kawah Manicouagan
Kawah ini adalah salah satu kawah meteor tertua dan terbesar di dunia. Letaknya sendiri berada di Manicouagan Regional Countu, Quebec, Kanada. Usianya diperkirakan sudah mencapai 215 juta tahun, kawah ini memiliki panjang dameter hingga 100 kilometer. Sebagian wilayahnya yang tertutup air sehingga jika dilihat dari atas kawah ini tidak terlalu terlihat.

6    6. Kawah Morokweng
Berbeda dengan kawah Manicouagan, kawah yang satu ini dapat terlihat dengan mudah terlihat, karena letaknya yang berada di Gurun Kalahari. Kawah ini lebih tepatnya berlokasi di Kota Morokweng, North West, Afrika Selatan. Kawah ini diperkirakan terbentuk oleh meteorid yang jatuh 145 juta tahun yang lalu.

7    7. Kawah Kara
Berbeda dengan kawah meteor lainnya, kawah yang satu ini nggak berbentuk seperti mangkuk besar. Hal ini disebabkan oleh erosi yang bikin bentuk kawah ini jadi nggak beraturan. Kawah Kara sendiri terletak di Semenanjung Yugorsky, di Nenetsia, Rusia. Kawah ini diperkirakan terbentuk dari asteroid yang jatuh pada 70 juta tahun yang lalu. Seandainya nggak ngalamin erosi, ukuran kawah ini bahkan diperkirakan jadi yang terbesar keempat di muka bumi.

8. Kawah Chicxulub
Ada beberapa sumber yang bilang kalo Kawah Chicxulub punya luas seukuran dengan Pulau bali. Meskipun begitu, nggak ada yang tau secara pasti berapa luas kawah yang terkubur di bawah Semenanjung Yucatan, Meksiko. Kawah ini diperkirakan terbentuk dari meteorid yang jatuh pada 65 juta tahun yang lalu. Ketika meteor ini jatuh ke bumi, diperkirakan menyebabkan kepunahan massal 75 % populasi yang ada di sekelilingnya. 

9    9. Kawah Chesapeake Bay
Kawah ini terletak di Chesapeake Bay di Virginia, Amerika Serikat. Kawah ini diperkirakan terbentuk karena meteor yang jatuh sekitar 35 juta tahun yang lalu. Kawah ini sendiri sitemukan pada awal tahun 1980-an, dan memiliki diameter mencapai panjang 85 kilometer.

      10. Kawah Popigai
Sebuah penemuan yang langka yang terkubur di kawah meteorit Popigai Rusia adalah adanya berlian. Sekitar 35 juta tahun yang lalu, sebuah meteor menabrak batuan grafit yang kaya akan karbon di daerah Siberia, Karena tekanan dan suhu yang sangat besar disana, membuat kandungan karbon tersebut menjadi berlian. Kawah ini memiliki lebar sekitar 100 km dan diperkirakan menurut pemerintah Rusia, kawah itu memiliki cadangan berlian yang besar. Kawah yang satu ini terletak tidak jauh dari Kawah Popigai. Diameternya pun cukup besar hingga mencapai 100 kilometer. Kawah ini diperkirakan terbentuk dari meteor yang jatuh 35 juta tahun lalu. Bahkan kawah yang satu ini juga ditunjuk UNESCO sebagai Geopark, situs warisan geologi khusus karena bentuknya yang indah.

Sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar