Jumat, 02 Oktober 2020

Struktur Atom, Sistem Periodik Unsur dan Ikatan Kimia

Salah satu tujuan mempelajari ilmu kimia adalah untuk memahami sifat-sifat zat.  Zat bergantung kepada sifat-sifat unsur-unsur penyusunnya.  Sifat-sifat unsur dapat kita pelajari dengan menggunakan sistem periodik unsur.  Namun,  untuk memahami sifat sifat unsur tersebut perlu mengetahui struktur atomnya terlebih dahulu.  Dalam hal ini sifat unsur yang paling penting adalah logam dan non-logam dan hal itu berkaitan dengan energi ionisasi,  afinitas elektron dan keelektronegatifan. 

Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur

Ingat ya atom disusun dari 3 komponen yaitu proton yang bermuatan positif,  elektron yang bermuatan negatif serta neutron yang tak bermuatan/ netral. 

Atom netral itu adalah suatu atom yang jumlah proton dan elektronnya sama. 

Beberapa istilah dalam atom : 

Isotop  : atom-atom dengan nomor atom sama namun nomor masa berbeda

Isoton  : atom-atom dengan jumlah neutron sama

Isobar :  atom-atom dengan nomor masa sama,  namun nomor atom berbeda

Beberapa Teori Tentang Atom 

Teori atom Dalton tentang gagasan ilmiah pertama tentang atom menerangkan bahwa materi terdiri atas partikel,  yaitu atom.  Atom merupakan partikel terkecil yang sudah tidak dapat dibagi lagi. 

Teori atom Thomson yaitu gagasan tentang partikel sub atom,  menerangkan bahwa atom mengandung elektron.  Menurutnya,  atom bukan merupakan sesuatu yang tidak dapat dibagi,  melainkan terdiri atas beberapa materi bermuatan positif dan elektron yang tersebar didalamnya bagaikan kismis dalam roti kismis

Teori atom Rutherford yakni gagasan tentang inti atom.  Dia melakukan percobaan dengan menggunakan sinar alfa dan dapat menyimpulkan adanya inti atom.  Menurutnya atom bukan seperti roti kismis, melainkan terdiri dari inti atom yang bermuatan positif dan elektron-elektron yang mengelilinginya.

Teori atom Bohr,  yakni gagasan tentang tingkat-tingkat energi dalam atom. Menurutnya elektron beredar pada lintasan-lintasan dengan tingkat energi tertentu,  bagai planet-planet yang mengelilingi matahari.  Menurutnya perpindahan elektron dari satu lintasan ke lintasan lainnya disertai penyerapan atau pelepasan energi dengan jumlah tertentu. 

Teori atom Mekanika Kuantum,  yakni gagasan tentang orbital.  Menurut teori ini,  posisi elektron dalam atom tidak dapat dipastikan.  Daerah dengan peluang terbesar menemukan elektron disebut orbital.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar