Sabtu, 11 Mei 2019

PENDAFTARAN PPGJ 2019 DIBAWAH KEMENAG SUDAH DIBUKA

Informasi dari beranda website simpatika.kemenag.go.id  bahwa pendaftaran PPGJ 2019 sudah dibuka mulai tanggal 10 s.d 28 April 2019 dengan beberapa persyaratan diantaranya adalah memiliki akun simpatika serta sudah mengajar minimal pada tahun 2015. Tentu saja banyak guru yang berada dibawah naungan kemenag sontak ramai bahwa pendaftaran ini dibuka secara masal, mengingat pada tahun sebelumnya dibatasi hanya sampai TMP 2005, dan kini TMT 2015 pun berkesempatan. Hal serupa juga diterapkan di Kemendikbud yang pendaftarannya ditutup sampai 23 November 2018 dengan sistim seleksi dengan syarat calon peserta memiliki NUPTK.



Menurut informasi dari beberapa orang yang pernah dan sedang berkesempatan mengikuti PPGJ ini, program ini diikuti selama 3 bulan jika lolos tes awal, di Universitas terpilih / yang siap menyelenggarakan program tersebut. Selamat 3 bulan menjadi mahasiswa dan bahkan melakukan PPL, lalu mengikuti tes akhir.

Adapun bagi teman-teman guru yang belum tahu cara pandaftaran, langkah-langkahnya adalah seperti ini:

1. Silahkan teman-teman kunjungi situs www.simpatika.kemenag.go.id

2. kemudian klik menu log in

3. klik menu log in PTK

4. Lalu masukkan NUPTK atau NPK dan paswordnya. Jika lupa teman-teman bisa hubungi operator madrasah masing-masing. Mereka punya kuncinya untuk mereset pasword jika teman-teman lupa.

5. Jika sudah log in, klik menu PPG dalam Jabatan, nanti akan ada notifikasi jika anda berhak untuk mendaftar, disitu juga ada keterangan batas waktu pendaftaran.

6. Klik daftar lalu isi biodata teman-teman dan upload scan ijazah S1 nya dan isi data yang dibutuhkan. (Data Mapel yang diajukan, data tingkatan pendidikan tempat mengajar, dan data perguruan tinggi teman-teman). Catatan, ada beberapa teman saya yang ditolak karena permasalahan pada Scan Izasah dan Data perguruan tinggi, jadi hati-hati dalam hal tersebut)

7. Lalu setelah daftar nanti akan dicetak S37 sebagai bukti pendaftaran kita

8. Lalu tunggu verifikasi dari kanwil apakah kita diterima untuk jadi calon peserta tes atau ditolak. Biasanya ditunggu sekitar tidak sampai sebulan.

9. Lalu akan dipetakan kapan tesnya, dan dimana tempatnya. Hal ini akan diinformasikan oleh mapenda di kabupaten masing-masing.

10. Materi ujinya adalah Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Pedagogik, Tes Bidang Study dan Tes Bakat dan Minat.

Itulah informasi seputar PPG dalam Jabatan 2019 di bawah kementrian Agama RI. Adapun untuk di Kemendikbud, sampai saat ini belum dibuka lagi pendaftaran yang jalur pendaftarannya adalah melalui situs sim.pkb,id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar