Kamis, 16 Mei 2019

PROFIL GURU PADA ABAD 21

1.       Menguasai Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Alam
Prasarat utama guru IPA untuk dapat melakukan pembelajaran dengan baik, adalah menguasai bidang studi IPA yang mencakup konsep, hukum, prinsip dan prosedur dengan baik.

2.       Terampil menggunakan berbagai bentuk / teknik penilaian
Guru harus mampu melakukan berbagai teknik penilaian / evaluasi. Hasil penilaian diperoleh dengan alat ukur/instrumen yang sahih/valid dan reliable/dapat dipercaya. Oleh karena itu guru harus mampu menyusun instrumen penilaian dengan baik. Hasil penilaian yang valid dan reliable dapat digunakan untuk membuat tidak lanjut pembelajaran.


3.       Memiliki literasi teknologi dan komunikasi
Guru harus memiliki literasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), khususnya dalam pembelajaran. Penggunaan TIK ini dapat berperan sebagai media, sumber belajar, dan strategi pembelajaran (mixed method).

4.       Mampu berkomunikasi dengan baik
Guru harus mampu berkomunikasi yang baik baik dengan siswa, teman sejawat, pimpinan, orang tua dan masyarakat.

5.       Inovasi dan Produktif
Guru sebagai inovator dapat menjalankan perannya sebagai guru melalui strategi dan model pembelajaran yang terbarukan. Penggunaan media dan sumber belajar yang berbasis teknologi informasi juga merupakan indikator guru inovator. Sehingga guru harus terus selalu memperbaharui pengetahuannya dengan terus belajar. Produktif artinya guru harus menghasilkan banyak karya, bahkan memanfaatkan waktu luang untuk menghasilkan sesuatu yang dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan seperti pengembangan proses pembelajaran, melakukan publikasi ilmiah berdasarkan pembelajaran di kelas, dan membimbing siswa untuk menghasilkan karyanya sendiri.