Jumat, 27 Maret 2020

Panduan Microsoft Power Point Untuk Pemula


Microsoft Power Point adalah salah satu bagian dari microsoft office yang berperan penting dalam menyajikan data dan gambar sebagai keperluan presentasi seseorang dalam membantu pekerjaannya menyampaikan gagasan, ide, perhitungan dan teori kepada orang lain agar dapat tersampaikan dengan lebih jelas dan mudah difahami. Bagi kamu yang memiliki profesi sebagai karkyawan kantor,yang bekerja di instansi pemerintahan, guru, tutor, dosen dan yang berhubungan dengan kedinasan, maka program ini sangat bermanfaat karena akan dibutuhkan dalam mentransfer informasi secara jelas.


Tampilan Dasar Microsoft Power Point


Fungsi-fungsi menu dari Mocrosoft Power Point

  1. Home
  2. Insert
  3. Design
  4. Animation
  5. Slide Show
  6. Review
  7. View

Mulai Menggunakan Microsoft Power Point
Langkah-langkahnya setelah kita menyalakan leptop/komputer kita :
Start – All Program – Microsoft Office – Microsoft Power Point
Maka kita bisa melihat tampilan :


Mulai Bekerja Membuat Dokumen 
Kita bisa mengetik segala macam informasi yang akan disampaikan pada kolom "Click to add tittle" dan "Click to add subtittle"
Kita juga bisa menambahkan gambar dengan klik menu Insert - Picture - lalu kita pilih gambar yang akan dimunculkan - Insert.
Kita juga dapat menambahkan video pada tampilan Power Point kita dengan Klik Insert - Movie - Lalu pilih video yang akan kita munculkan - Insert.

Mendesain Tampilan Slide Agar Lebih Menarik
Kita bisa mendesain backgroun dari slide yang akan ditampilkan dengan variasi warna dan layout yang kita inginkan. Caranya adalah dengan klik Menu Desain. Lalu kita pilih Tema yang tersedia disana.
Kita juga bisa menambahkan Animasi pada tampilan slide kita yang efeknya akan bekerja saat kita perform ketika presentasi, yaitu dengan cara klik Menu Animation lalu pilih animasi yang tersedia.

Cara Menyimpan
setelah kita selesai memasukkan segala informasi baik berupa tulisan, gambar atau video atau apapun yang kita ingin cantumkan pada tiap-tiap slide dan kita telah selesai mendesainnya, maka kita harus menyimpan file yang sudah kita buat tersebut agar kita dapat membukanya kembali saat dibutuhkan. Caranya adalah :
Klik Office Button Save /Save As– lalu beri judul dengan judul yang kita inginkan - Save
Cara membuka kembali
Buka microsoft power point seperti pada langkah-langkah pada poin C diatas, kemudian klik klik Office Button – Open – buka tempat disimpannya dokumen yang akan dibuka – klik Dokumen – Open.

Cara Menggunakan Dalam Presentasi
Setelah selesai membuat dokumen, maka untuk menampilkannya tinggal tekan tombol F5 pada keyboard atau klik slide show pada bagian pojok kakak bawah seperti gambar dibawah ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar