Kamis, 26 Maret 2020

Tutorial Membuat Desain Spanduk Untuk Usaha Warung Nasi


Sekarang ini sudah sangat umum ditemukan berbagai macam spanduk yang terpasang didepan-depan toko, warung, pusat pembelanjaan, kantor-kantor pemerintah bahkan dipinggir-pinggir jalan. Sebenarnya spanduk-spanduk tersebut adalah salah satu media iklan atau media pemberitaan yang berbentuk visual yang dapat dibaca oleh orang-orang sehingga orang-orang yang membaca dapat menerima informasi yang disampaikan pembuat.
Selain cara membuatnya yang mudah, ketahanannya cukup lama bisa sampai setahun lebih, harganya juga relatif terjangkau, hanya sekitar Rp. 22.000 per meter perseginya. Bahkan untuk peprcetakan yang sudah mapan, harga bisa lebih kurang dari itu.
Bagaimana sih sebenarnya cara membuat spanduk dengan menggunakan program Corel draw? Berikut ini penjelasannya.
Dalam tutorial ini saya menggunakan program CorelDraw X4 ya.
Pertama, buka program CorelDraw pada tombol start komputer anda, lalu akan muncul tampilan berikut :

Kedua, klik New Blank Document
Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :


Ketiga, anda tinggal menentukan berapa panjang dan lebar spanduk yang akan dibuat dengan mengklik tool rectangle tool yang ada di bilah sebelah kiri. Lalu sesuaikan ukurannya dengan mengganti ukuran pada gambar berikut :


Keempat, kita tinggal menuliskan informasi apapun yang akan kita buat dan menambahkan gambar sesuai selera kita agar spanduk kita lebih menarik lagi. Kita juga bisa mengganti warna pada setiap objek tulisan kita dan latar belakang dengan memilih warna-warna yang tersedia dibilah sebelah kanan.


Kelima, jika sudah selesai mengisi informasi dan mendesain dengan selera kita, kita bisa mencetaknya di mesin percetakan dengan mengexport terlebih dahulu ke bentuk JPG atau JPEG. Caranya adalah dengan klik File – Export – pilih lokasi penyimpanan gambar dan jenis gambarnya – klik export – lalu muncul tampilan seperti ini :

Jika ingin hasilnya bagus, pilih resolusinya 300. Lalu klik oke.
Lihat file JPG yang sudah dihasilkan ditempat penyimpanan yang sudah kita tentukan tadi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar